my lencana fb

nice

nice
beautiful

Rabu, 19 Januari 2011

sekilas belajar bahasa banjar

Buat kalian para pembaca yang mungkin akan berwisata,berkunjung maupun sekedar iseng ke kalsel mungkin sedikit corat coret dari aku  ini akan berguna.
untuk kali ini aku akan menuliskan beberapa kata-kata yang harus kalian tau sebelum kebanjar masin , biar kalian gak bingung dan mengerti apa yang mereka ucapakan karena kata-kata ini sering di gunakan.
Aku,ulun,unda= saya,aku, kertarangan : aku : untuk  sesama  umur, ulun : untuk orang lebih tua dinilai lebih sopan, unda : dianggap kurang sopan.
Ikam,pian,nyawa = kamu.keterangan ikamnyawa di gunakan untuk sesama umur karena di nilai kurang sopan, pian di gunakan untuk umur yang lebih tua karena dianggap lebih sopan.
Kada = nggak,tidak
Mengiyau = mamenggil
Manukar = membeli
Angsulan = kembalian
Tangah dua ratus = seribu lima ratus
Haur = sibuk
Pal = kilo meter. Misalnya pal 7 berarti km 7
Motor = mobil, jadi jangan salah arti ya.
Kendaraan = motor
Hadang = tunggu. Mehadang = menunggu, hadangi=tunggu sebentar
Bulik = pulang, membuliki = kembali
Haur = sibuk, mehaur= menggangu.

Hem aku rasa segitu aja deh kalo ada yang mau nanya tentang bahasa banjar lainya silahakan nanya ke aku....
Tapi tenag aja bahasa banjar hampir sama kayak bahasa indonesia, nmaun kadang artinya ada yang beda J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar